MADYA POS.COM

Selasa, 07 Juni 2016

Gubsu, Rotasi Jabatan - Mangkir Pemeriksaa -I/MI-LMP

7 Juni 2016


Ketua Tim Koordinator Supervisi KPK Adlinsyah Nasution Menilai :
LHKPN Pejabat Sumatera Utara Masih Rendah

 Gubsu Minta :  Rotasi Jabatan , Pejabat Segera Lapor   
                             LHKPN
                       
Medan (  MPC),
Ketua Tim Koordinator Supervisi KPK Adlinsyah Nasution menilai, bahwa ada terdapat 51 Wajib  Lapor Laporan Harta kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN)  di lingkungan Pemerintah provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu), dari jumlah 51 , saat ini hanya 4 wajib lapor yang sudah menyampaikan ataupun yang sudah memperbaharuinya.

Menurutnya untuk Pemprovsu wajib Lapor LHKPN, dan yang belum lapor “harus lapor” ujar Nasution, demikian informasi yng diperoleh, Madya Pos.com beberapa waktu yang lalu, dijelaskan,  Lapor LHKPN, Golongan A ada 33 dan Lapor LHKPN Golongan B ada 14. Untuk DPRD Sumut, Wajib Lapor 99 orang , dan yang sudah lapor cuman ada dua , yang 97 lagi terdiri dari LHKPN Golongan A sebanyak 71 dan LHKPN Golongan B ada 26, “katanya Jadi  terkait Soal LHKPN Pejabat Sumatera Utara masih sangat rendah

Terkait Putaran (Rotasi ) Jabatan SKPD

Terkait, soal LHKPN Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi mengaku, bahwa untuk rotasi jabatan maka memiliki jabatan eselon II harus melaporkan LHKPN, “ Saya masih menuggu satu point yang penting lagi, para SKPD yang akan memangku jabatan sebagai eselon II diwajibkan melaporkan LHKPNnya”ujar Gubsu belum lama ini, dari informasi yang diterima Media Online Madya Pos.com

Dikatakan, bahwa laporan LHKPN milik Pejabat eselon II para SKPD akan disandingkan dengan rekomendasi Panitia Seleksi (Pansel) Uji Kompentensi, Gubsu juga akan melakukan lelang jabatan, sehingga semua dilakukan secara fair, tidak ada pilih kasih.

Sedangkan, Sekda Provsu, Hasban Ritonga,SH menilai pejabat yang melaporkan LHKPNnya masih  bisa dikatakan sedikit, hanya beberapa persen saja” hanya belasan persen saja” ungkapnya, ini kita harapkan para SKPD untuk segera melaporkan LHKPN

Seperti diketahui, sebelumnya Plh.Direktur Pendaftaran dan Pemeriksaan LHKPN KPK Kunto Ariawan  menyebutkan jika tingkat kepatuhan penyelenggara negera di Sumatera Utara (Sumut)  melaporkan hasil dari kekayaan yang diperolehnya masih rendah yakni, dari 34 Provinsi Sumatera Utara peringkat ke 31, sebab itu, menurut Kunto Ariawan terkait soal ini, dapat dinilai, baik dari lembaga eksekutip maupun legislatif masihrendah” ujarnya (st. 01)
 

Mangkir pemeriksaan, empat polisi bakal dipanggil paksa KPK


Mangkir pemeriksaan, empat polisi bakal dipanggil paksa KPK Jakarta (Mpc) 
Untuk kesekian kalinya, empat anggota polisi mangkir dari panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sedianya tiga anggota Polri itu akan dimintai keterangannya sebagai saksi untuk Doddy Arianto Supeno (DAS), tersangka pemberian suap saat mengajukan Peninjauan Kembali pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.


KPK menegaskan akan segera berkoordinasi dengan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti. KPK bakal memanggil paksa ketiganya. Hal ini disampaikan pelaksana harian kabiro humas KPK Yuyuk Andriati di Gedung KPK, Selasa (7/6).

"Kami mengupayakan untuk berkoordinasi lagi dengan Polri, kemarin kami juga sudah melakukan pemanggilan atas sepengetahuan Kapolri. Dan karena ini sudah panggilan yang kedua, panggilan berikutnya nanti bisa dijemput paksa," ujar Yuyuk.

Untuk diketahui, KPK memanggil tiga anggota Polri yakni Brigadir polisi Dwianto Budiawan, Brigadir Polisi Fauzi Hadi Nugroho, dan Ipda Andi Yulianto pada (24/5) dan (27/5). Namun muncul satu nama lagi anggota Polri yang turut dijadwalkan pemeriksaan penyidik KPK yakni Brigadir polisi Ari Kuswanto. Dengan demikian ada empat anggota Polri yang kini tengah diupayakan hadir untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi.

Yuyuk pun menuturkan berdasarkan informasi yang diperolehnya dari penyidik keempat anggota Polri ini merupakan ajudan sekretaris Mahkamah Agung, Nurhadi Abdurrachman. Diduga kuat keempat orang ini mengetahui hal hal yang berkaitan dengan kondisi kediaman Nurhadi.
"Iya (empat anggota Polri) diperiksa sebagai saksi untuk DAS jadi patut diduga mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan Nurhadi," imbuhnya.

Terseretnya nama Nurhadi dengan kasus ini setelah KPK melakukan operasi tangkap tangan Doddy Arianto Supeno (DAS) dan Edy Nasution (EN) pada Rabu (20/4) sekitar pukul 10.45 WIB di sebuah hotel bilangan Jakarta Pusat. Keduanya diciduk KPK seusai melakukan transkasi terkait pengajuan Peninjauan Kembali di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Dari hasil penangkapan, KPK menyita uang Rp 50 juta dari Edy Nasution. Diduga commitment deal dalam kasus ini mencapai Rp 500 rupiah. Namun KPK menegaskan akan terus mendalami kasus ini sampai menemukan otak pelaku utama. Pasalnya keduanya diduga masih sekedar perantara dari pihak tertentu.
Hal itu didasari dengan pemberian juncto pasal yang dikenakan terhadap keduanya oleh KPK. Untuk Edy Nasution selaku penerima dikenakan pasal 12 huruf a dan atau huruf b dan atau pasal 13 undang undang tipikor nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah undang undang nomor 20 tahun 2001 jo pasal 64 kuhp pasal 55 ayat 1 ke-1 kuhp.

Sedangkan untuk Doddy Arianto Supeno selaku pemberi dikenakan pasal 12 huruf a dan atau huruf b dan atau pasal 13 undang-undang tipikor nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah nomor 20 tahun 2001 jo pasal 64 kuhp jo pasal 55 ayat 1 ke-1 kuhp.

Atas pengembangan kasus ini KPK pun langsung menggeledah empat lokasi diantaranya kantor PT Paramount Enterprise di Gading Serpong Boulevard Tangerang, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, rumah Nur Hadi sekretaris Mahkamah Agung, terakhir di ruang kerja milik Nur Hadi di Mahkamah Agung.
Dalam penggeledahan di rumah Nurhadi, penyidik menemukan uang total Rp 1,7 miliar dengan beberapa mata uang asing setidaknya ada lima jenis mata uang asing yang ditemukan USD 37.603, SGD 85.800, Yen 170.000. Tidak hanya uang, penyidik menemukan beberapa dokumen yang sempat dirobek dan dibuang ke kloset kamar mandi.(mc)






Gubsu, IR.H.T.Erry Nuradi,MSI :
Rakernas LMP, Even Nasional
Merupakan Kebanggaan di Sumatera Utara

Ketum Mabes LMP H. Ade Erfil Manurung,SH :
·       LMP Harus  Menjaga Eksistensi dan 
Wajib Menjaga  Kesatuan dan Persatuan Bangsa

Ketua Harian LMP Macab Deli Serdang,
 Nasran Nasution,SE,SH 
·       Rakernas di Sumut Memiliki Nilai-nilai  Sejarah

LMP dikomandoi Darwin Lubis audiensi dengan Plt Gubsu, Kamis (foto-ist) 
Gambar Pengurus LMP Saat beraudensi dengan Gubsu beberapa waktu lalu

Medan (MPC)
Rapat kerja Nasional  Laskar Merah Putih (Rakernas LMP) yang pertama kali di buka di Medan Sumatera Utara, resmi di buka Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, bertempat di Medan International Convention Center (MICC) Jalan Gagak Hitam , Jumat (27/5) Malam,

Gubsu (baju putih berdasi) dalam sambutannya mengatakan, Rakernas merupakan even nasional yang diadakan di wilayah Provinsi Sumatera Utara, “ ini merupakan kebanggaan yang khusus di Sumut” ujar  Erry Gubsu yang sudah Definitif, Ia di lantik Rabu 25 Mei 2016 di Istana Negara oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo 

Dikatakan, dengan digelarnya Rakernas  LMP berasal dari luar Sumatera Utara tentu seluruh kader LMP Sumut dapat bersilaturrahmi , tukar pikiran sesama kader, sehingga dengan demikian menambah tali silaturrahmi dan wawasan
Gubsu juga berpesan kepada LMP harus menjadi baris terdepan dalam  memerangi narkoba yang telah menjadi musuh bangsa, semoga kader LMP  menjadi ormas yang terbaik bagi bangsa dan Negara.

Ketua Umum Markas Besar (Mabes) Laskar Merah Putih H.Ade Erfil Manurung,SH meminta LMP  harus terus menjaga  eksistensinya dan tetap memelihara kondusifnya sutau Negara diwajibkan  juga meningkatkan kesatuan dan persatuan bangsa.

Bahwa LMP harus ikut ambil bagian  dan berpartisipasi  mengambil peran sebagai ormas yang memiliki wadah  berkumpulnya lintas usia, suku dan agama yang harus menjunjung tingggi nilai-nilai UUD 1945 dan Pancasila

Bahwa tiada lagi di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang akan lepas dari pagkuan ibu Pertiwi, apapun golonganmu mari singkirkan lengan baju untuk sama-sama mempersatukan wilayah di Indonesia, “tegas Ketum, Ia mengatakan, bahwa Laskar Merah Putih bukan organisasi premanisme tapi organisasi sosial yang turut peduli kepada semua lapisan masyarakat, khususnya rakyat yang tertindas, ujarnya

Sementara itu ditempat terpisah Ketua Harian  Markas Cabang (Macab) Kabupaten Deli Serdang, Nasran Nasution,SE,SH menilai, Rakernas diadakan di Medan-Sumatera Utara merupakan nilai sejarah baru pertama kali Rakernas diadakan, karenanya dari hasil Rakernas bagi peserta dapat memberikan kontribusi dan masukan-masukan untuk kader-kader LMP  sehingga para pengurus dan anggota LMP mendapatkan bekal.

Dikatakan, bahwa tujuan organisasi LMP antara lain, untuk aktif malukakukan pengkaderan seluruh komponen anak bangsa khususnya generasi muda yang siap bela negara  dalam rangka pengembangan semangat Nasionalisme dan Patriotisme cinta tanah air dan bangsa sebagai bangsa indonesia’ujar Nasran

Tampak Hadir dalam acara Rakernas seperti, mantan Panglima TNI, jenderal (Purn) Djoko Santoso, Katua Markas Daerah (Mada) LMP Sumut, Darwin Hamonangan Lubis,SH, dan para Ketua Harian dan sekretaris Sudrajat dan Ketua Marcab LMP Deli Serdang, Sulistino,MD dan sejumlah undangan lainnya (01.nn)

  Minggu Pertama Juni 2016




 

  

Dengan Membayar PKB Dan BBN-KB Tepat Waktu Akan Menjamin Keabsahan kepemilikan Kenderaan Bermotor Anda.


 -----------------------------------------------------------------------------------------------------------


Sambut Ramadhan 1437 H, Gubsu Imbau Masyarakat Jaga Kesucian Bulan Puasa

Medan, (Mpc)
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga kesucian bulan Ramadhan 1437 Hijriyah 2016. Imbauan tersebut disampaikan Gubsu kepada wartawan menanggapi datangnya bulan suci Ramadhan, Minggu (5/6/2016).

Gubsu menyebutkan, bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan ampunan. Untuk itu, kesucian bulan Ramadhan hendaknya tidak terusik. “Hormati orang berpuasa dengan sikap saling harga menghargai. Semoga Sumatera Utara senantiasa aman, nyaman dan kondusif,” ujar Gubsu.

Gubsu menambahkan, bagi umat Islam, menunaikan puasa di bulan suci Ramadhan memberi banyak hikmah sekaligus sebagai pendorong meningkatnya kadar keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. “Mari berlomba-lomba berbuat kebaikan di bulan Ramadhan. Semoga kita mendapat berkah,” harap Gubsu.

Populasi penduduk Sumut mencapai 14 juta jiwa, terdiri dari ragam adat istiadat, suku dan agama, selama ini berlangsung aman dan harmonis. Tiap pemeluk agama menghargai sesamanya dalam menjalankan ibadah.
“Keharmonisan dan kerukunan antara pemeluk agama di Sumatera Utara hendaknya tetap kita jaga. Perbedaan keyakinan seperti pelangi yang menambah keindahan Sumatera Utara. Untuk itu, jangan mau dipecah belah,” pesan Gubsu.

Dengan demikian, kondusifitas dan keamanan dalam menjalankan ibadah puasa akan berlangsung khidmat dan khusuk. “Ini juga menjadi modal dalam membangun di Sumatera Utara kedepan dalam upayameningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Gubsu.(dks.01)

Bulan Ramadhan Penghulu segala Bulan.

Medan, (Mpc)
Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang sangat mulia sebagai penghulu segala bulan. Hal ini disampaikan Ketua MUI Sumut Prof. H. Abdullah Syah, MA pada acara Coffee Morning menyambut bulan suci Ramadhan 1437 H yang diselenggarakan di Aula Transparansi Dinas Komunikasi dan Informatika, Kamis (2/6).

Ketua MUI menjelaskan yang dimaksud penghulu segala bulan dimana pada bulan suci ramadhan pintu neraka di tutup dan pintu-pintu syurga di buka, syaitan-syaitan di belenggu serta terdapat shlalat sunah tarawih yang tidak ada di bulan yang lain. “Kelebihan ramadhan yaitu disiang hari kita puasa dan dimalam hari shalat tarawih dan witir, menghapus dosa-dosa dari 11 bulan yang lalu, terdapat malam lailatul qadar dimana malam tersebut lebih baik dari malam 1000 bulan, serta pintu neraka di tutup dan pintu syurga di buka”, ujar ketua MUI.

Ketua MUI  menyarankan untuk berniat diawal bulan ramadhan,  perbanyak sedekah dibulan ramadhan dan memberikan makanan berbuka untuk yang berpuasa. Sedangkan hal-hal yang perlu diselesaikan sebelum bulan ramadhan yaitu membayar dan melunasi hutang serta maaf memaafkan.
Sementara itu, Ketua FKUB DR. H. Maratua Simanjuntak menyampaikan bahwa pemuka agama mempunyai fungsi yang informatif, konsultatif dan advokatif. Dimana fungsi tersebut untuk menciptkan kententraman, kerukunan dan pemersatu antar umat beragama.
“Puncak kerukunan umat beragama yang dimaksud dapat dengan sadar dan sabar melihat agama lain menjalankan ibadahnya.” Ujar ketua FKUB.

Ketua FKUB berharap pada bulan ramadhan tahun ini umat beragama dapat rukun, damai dan tentram.
Acara tersebut di buka oleh Plh. Dinas Kominfo Provsu H. M. Ayub, SE dan dihadiri Kabid. PUHK H. Rosmidar, SAG, Kasie Hubungan Lembaga dan Kemitraan Abdul Aziz, S.Sos, M.AP, Kasubbag Umum Lily Maulina Lubis, SS, Kasubbag Program Maiderhana Nasution, SP, serta para mahasiswa PTN/PTS di Medan. (PIP)(dks.01)


Walikota Tutup Diklat Keterampilan

Tebing Tinggi (Mpc) Walikota Tebing Tinggi Ir.H.Umar Zunaidi Hasibuan, MM secara resmi menutup diklat keterampilan bagi pencari kerja serta menyerahkan penghargaan kecelakaan nihil (Zero Accident Award) dari Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia ( Menakertrans) kepada 22 perusahan yang ada di Tebing Tinggi, pada hari Rabu, 01 Juni 2016 bertempat di Aula Dinsosnaker Tebing Tinggi.

Penilaian Zero Accident Award dilakukan langsung Kemenakertrans, pemerintah kota hanya mengajukan daftar nama perusahaan yang pantas untuk di nilai. Walikota berharap kedepan bisa di pertahankan prestasi ini dan lebih di tingkatkan lagi, setiap perusahaan harus memenuhi kelengkapan keselamatan para pekerja.

Walikota berpesan kepada para pencari kerja yang telah mengikuti pelatihan ini supaya lebih bisa berkreatifitas, berinovasi. Hendaknya ilmu dan peralatan yang didapatkan selama pelatihan dipergunakan serta dikembangkan agar kelak bisa menjadi seorang interpreneur yang menciptakan lapangan pekerjaan.

Bagi keluarga miskin yang mengikuti diklat keterampilan berusaha supaya jangan pernah berkecil hati, manfaatkanlah ilmu yang diperoleh selama pelatihan, jika kita punya kemauan pasti akan ada jalannya, dan tak ada orang lain yang akan merubah nasib kita, kecuali kita sendiri.

Kadisosnaker H.Syaiful Fachri dalam laporannya menyampaikan, diklat keterampilan ini mencakup Tata Busana Pria, pelatihan bidang Otomotif dan juga Pangkas Pria yang diikuti 50 orang peserta dan berlangsung selama 315 jam.

Dan untuk Keterampilan berusaha bagi keluarga miskin, pesertanya 50 orang wanita yang masih dalam usia produktif berusia 18 s/d 35 tahun berasal dari keluarga miskin/kurang mampu dan putus sekolah berlangsung selama 6 hari kerja.(dktt.01)





Wakil Walikota Tutup TAG & PFF Tebing Tinggi


Wakil Walikota Tutup TAG & PFF Tebing Tinggi
Wakil Walikota Tutup TAG & PFF Tebing Tinggi 
 
Tebing Tinggi (Mpc) Wakil Walikota Tebing Tinggi Ir.H.Oki Doni Siregar, menutup resmi acara Tebing Tinggi Agri Market dan Pameran Flora Fauna (TAM & FPP) yang berlangsung sejak 27 Mei - 02 Juni di Lapangan Merdeka Tebing Tinggi.

Letak geografis kota Tebing Tinggi yang sangat strategis menjadikan perdagangan sebagai pusat aktivitas ekonominya, karena daerah-daerah hinterlandnya beraktifitas di Tebing Tinggi walaupun secara administrasi masuk dalam Kab. Serdang Bedagai dan Kab. Simalungun yang memiliki usaha di bidang Pertanian, Perkebunan dan Perikanan.

Wakil Walikota menyampaikan secara fakta komoditas kebutuhan pangan dan non pangan warga Tebing Tinggi terpenuhi, sebaliknya masyarakat hinterland juga mendapatkan berbagai kebutuhannya dari Kota Tebing Tinggi. Hubungan signifikan daerah Hinterland dengan aktifitas perdagangan dibuktikan sejak jaman dahulu hingga saat ini, sektor perdagangan, hotel dan restoran menjadi penyumbang tertinggi dalam PDRB Kota Tebing Tinggi.

Untuk mendukung program ketahanan pangan, segenap lapisan masyarakat diharapkan ikut bergerak melalui pemanfaatan lahan-lahan tidur disekitar kita diolah menjadi lahan produktif yang bisa menghasilkan berbagai bahan pangan, hingga kedepannya masyarakat Kota Tebing Tinggi bukan hanya sebagai pedagang atau konsumen melainkan menjadi produsen, untuk konsumsi sendiri dan dipasarkan menjadi sumber ekonomi. Beliau juga berharap kedepan kegiatan TAM & PFF ini bisa diselenggarakan dengan lebih baik, lebih semarak dan pesertanya makin banyak serta beragam.

Ketua Panitia TAM & PFF Ny.Marimbun Marpaung.SP.MSi mengatakan sesuai dengan tujuannya diharapkan melalui penyelenggaran ini akan mendorong tercapainya peningkatan aktivitas pertanian. Meningkatnya pemanfaatan lahan-lahan non produktif menjad produktif, termasuk didalamnya pemanfaatan lahan pekarangan, dan sebagai leading sektor akan berupaya semaksimal mungkin mewujudkan tujuan tersebut.

Dari berbagai perlombaan yang dilaksanakan selama berlangsung TAM & PFF tersebut keluar sebagai juara untuk Lomba Fashion Show 1. Diah Ayu hardini (SD.Budhi Darma), 2.Iga Selvira (SD.166324) dan 3. Revalina Khoirunisa (SD.163081).

Lomba Balap Itik juara 1.Kamal (Kel.Mekar Sentosa),2.Husni Darwin (Kp.Baru),3.M.Fadli (JlBaja), Lomba Tanaman Bonsai juara 1.IKA DPRD, 2.Elli Roslaini dan 3. Salmiah, lomba tanaman buah dalam pot juara 1.Jepri Wijaya, 2.JS.Purba dan 3.Mardisa. Lomba Tanaman Anggrek juara 1.Masita Siagian, 2.Naviah dan 3.Nisa, Lomba merangkai bunga juara Favorit Haris Harianto, Lomba Hidroponik/Urban farming juara 1.Kelompok Hidroponik Sehat, 2.Kekompok Srikandi dan 3.Kelompok Melur. (dktt.01)

 

Walikota Kunjungi Panti Asuhan Amaliyah




Tebing Tinggi (Mpc) Walikota Tebing Tinggi Ir.H.Umar Zunaidi Hasibuan, MM didampingi Kadisosnaker H.Syaiful Fachari selaku Ketua Comunitas Abul Yatama Tebing Tinggi dan Kabag Humas PP Bambang Sudaryono memberikan bantuan ke Panti Asuhan Amaliyah pada hari Kamis, 02 Juni 2016.

Walikota mengingatkan bahwa sebentar lagi kita akan memasuki bulan puasa, dan kepada anak-anak diharapkan ikut melaksanakan ibadah puasa, yang belum sanggup 1 hari, berpuasalah setengah hari. Puasa itu melatih diri untuk bersabar dan menahan hawa nafsu bukan saja nafsu makan dan minum, juga nafsu-nafsu lainnya seperti amarah (emosi), memfitnah atau mencela orang.

Di dalam menjalankan puasa selalulah berdoa kepada Allah.Swt agar kita diberikan kesehatan dan keselamatan dalam melakukan aktifitas kita sehari-hari. Beliau juga mengajak agar melaksanakan sholat berjemaah, dan melakukan tadarus membaca al-Quran bersama-sama di Masjid.

Bagi anak-anak yang akan menerima rapor hasil ujian semoga mendapatkan hasil yang terbaik dan menorehkan prestasi, serta ke depannya lebih baik lagi belajarnya. Dan jika ada diantara anak-anak yang mengalami sakit agar segera berobat kerumah sakit, tidak perlu khawatir untuk biaya berobat karena hal tersebut sudah di tanggung pemerintah kota biayanya, kata beliau.Dalam kunjungannya ke panti Asuhan Amaliyah, Walikota juga memberikan bantuan berupa sembako dan kain sarung.(dktt.01)

 

PDIP desak Jokowi keluarkan Keppres tentang kebutuhan pokok



Jakarta ,(mpc)
 Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Aria Bima mendesak pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengeluarkan Keppres terkait Kebutuhan Pokok. Presiden, kata dia, harus mengatur sendiri persoalan pangan secara terpadu dan lintas kementerian terkait.
Keppres tersebut harus terikat dan imperatif terhadap UU Pangan dan UU Perdagangan.

"Keppres ini sangat mendesak dikeluarkan karena kebutuhan pangan rakyat masuk dalam agenda politik presiden, kebijakannya tidak cukup oleh kementerian sektoral," ujar Aria Bima, kepada wartawan di Solo, Selasa (7/6).

Kenaikan harga menjelang puasa dan lebaran, menurut Bima, merupakan hal biasa. Melakukan impor barang-barang tertentu, memang menjadi salah satu solusi. Namun harus ditegaskan sejak awal bahwa motif, alasan dan dampak dari impor tersebut harus berkaitan dengan roadmap swasembada pangan yang telah ditargetkan Pemerintah akan tercapai pada 2017 atau 2018.

"Kalau pemerintah akan melakukan impor, harus dilakukan dalam konteks antisipatif, bukan reaktif. Kebutuhan impor harus terkait dengan konsep kedaulatan pangan. Apalagi komoditas pangan bukan komoditas bebas, melainkan termasuk diatur sesuai UU Perdagangan," katanya.

Artinya, lanjut dia, kalau minus, baru boleh impor dengan tujuan menjaga harga. Dalam hal ini pemerintah bisa melibatkan swasta, namun kendali tetap di tangan Pemerintah.

Pemerintah, kata Bima, harus lebih berperan dan hadir dalam menjaga mata rantai distribusi dari tingkat produsen hingga tingkat konsumen. Sehingga kebijakan impor yang dilakukan tidak akan memperlemah sektor hulu.

Hal itu bisa dioptimalkan jika Bulog bisa mengambil perannya maksimal. Bulog, lanjut dia, harus benar-benar bertindak sebagai badan penyangga logistik pangan nasional, bukan hanya badan pengelola beras saja.

"Pemerintah harus mengatur harga, memperhatikan 'suplay and demand', termasuk mengatur cara mengurangi defisit lewat kebijakan impor. Impor harus hanya dilakukan sesuai jumlah defisit, waktunya bukan pada saat panen, tidak bebas masuk seluruh Indonesia melainkan hanya daerah yang membutuhkan," terangnya.

"Semua harus dikendalikan secara terpadu dalam Keppres, jangan asal main impor, karena kita ini negara produsen pangan, bukan predator pangan," tandasnya.

Sebelumnya, pemerintah berencana melakukan impor sejumlah bahan pangan, terutama untuk mengatasi kenaikan harga menjelang puasa dan lebaran(mc)

Kejagung: La Nyalla boleh dijenguk asal dapat izin Kejati Jatim

 Kejagung: La Nyalla boleh dijenguk asal dapat izin Kejati Jatim
Jakarta ,(mpc) Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) La Nyalla Mattalitti masih ditahan di Rutan Salemba cabang Kejaksaan Agung. Kapuspenkum Kejagung M Rum menuturkan, pihaknya tidak memiliki wewenang memberi izin keluarga menjenguk La Nyalla.
Menurut M Rum, selama bulan Ramadan, La Nyalla boleh dijenguk asalkan mendapat izin dari penyidik Kejati Jatim.

"Sesuai SOP saja, sesuai prosedurnya, tergantung penyidik. Kalau penyidik mengizinkan ya boleh. Penyidik yang mengizinkan La Nyalla boleh dikunjungi atau enggak," kata M Rum di Kejagung, Jakarta, Selasa (7/6).
Terkait pemeriksaan lanjutan, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur (Jatim) rencananya bakal memeriksa La Nyalla sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana hibah Kadin Jatim, Rabu (8/6) di Kejaksaan Agung (Kejagung).

Kapuspenkum Kejagung M Rum mengatakan penyidik Kejati Jatim tiba di Kejagung besok. Namun, dia mengaku belum tahu La Nyalla bakal langsung diperiksa atau tidak. "Besok penyidiknya datang ke sini. Nanti saya cek dulu."(mc)

 KESEHATAN


Ini yang terjadi pada tubuh saat kamu berbuka puasa dengan kurma

Ini yang terjadi pada tubuh saat kamu berbuka puasa dengan kurma
Ilustrasi kurma.
 - Di bulan puasa seperti saat ini, kurma menjadi makanan yang jamak ditemui dimana pun. Sebabnya mereka yang beragama Islam disarankan untuk mengonsumsi kurma saat berbuka puasa setelah minum segelas air.

Sebenarnya, apa sih yang terjadi pada tubuhmu saat kamu berbuka puasa dengan kurma? Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah jawabannya.

Mencegah sembelit
Makan kurma ternyata bisa membantu mencegah sembelit lho. Namun kamu harus merendamnya terlebih dahulu dengan air hangat semalaman. Setelah itu minumlah saat sahur sehingga kamu bisa BAB dengan lancar di pagi hari.

Meningkatkan zat besi
Kurma adalah makanan yang tinggi akan sumber zat besi. Nutrisi ini penting bagi produksi sel darah merah sehingga bisa mencegahmu dari rasa lemas saat puasa.

Menurunkan kolesterol
Kamu ingin menurunkan kolesterol dengan cara yang menyenangkan? Konsumsilah kurma. Sebab kurma dapat mengikis kolesterol jahat dan menjaga arteri tubuhmu tetap sehat.

Meningkatkan energi
Mencampur kurma, susu, dan madu ternyata bermanfaat untuk meningkatkan energi tubuh, lho. Terutama bagi kamu yang sudah seharian berpuasa.

Mengurangi tekanan darah
Selain baik untuk menurunkan kolesterol, makan kurma juga mampu menjaga agar tekanan darahmu tetap terkontrol. Konsumsi 3-4 kurma saat berbuka untuk mendapatkan manfaat sehat tersebut.

Mencegah diare
Kurma mengandung kalium di dalamnya yang bermanfaat untuk mencegah diare serta menguntungkan bagi kesehatan usus.

Menjaga berat badan
Saat makan kurma, tak jarang kamu pun merasa cepat kenyang. Sehingga kamu mengonsumsi makanan berbuka dengan porsi yang wajar. Hasilnya, berat badanmu pun akan terkontrol dengan baik.

Menguatkan jantung
Makan kurma bermanfaat untuk melindungi kesehatan jantung. Selain dikonsumsi secara langsung, kamu juga bisa minum air rebusan kurma secara rutin untuk menghindarkan jantungmu dari beragam penyakit berbahaya.

Selain manfaat di atas, kurma mengandung magnesium, tembaga, mangan, fosfor, kalium, zat besi, dan belerang. Sehingga kamu pun bisa meningkatkan kesehatan tubuhmu dengan makan kurma secara rutin tak hanya saat berpuasa saja. Selamat mencoba!(mcs)

Mengenal kurma Ajwah yang menjadi favorit Rasulullah

 Mengenal kurma Ajwah yang menjadi favorit Rasulullah
 Buah kurma selalu menjadi favorit, terlebih di bulan Ramadan. Bahkan, Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk berbuka puasa dengan buah kurma sebelum melaksanakan shalat.
Salah satu buah kurma yang tersohor ialah kurma Ajwah, dalam HR Bukhari dan Muslim disebutkan, Rasulullah pernah bersabda "Barangsiapa mengonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir"

Kurma ini juga disebutkan sebagai kurma nabi, mengingat, penamaannya merujuk pada anak dari sahabat Salman Alfarisi yang bernama Ajwah. Dirinya mewakafkan kebun kurmanya untuk perjuangan Islam.
Buah kurma Ajwah memiliki penampilan berbeda dari kurma lainnya, bentuknya lebih kecil dengan warna hitam yang lebih mencolok. Daging buahnya pun lebih kering dan legit.
Bagi masyarakat Indonesia, kurma Ajwah seperti buah tangan yang wajib dibawa bagi mereka yang baru saja pulang dari Tanah Suci.

Dalam penelitian ilmiah sendiri, buah kurma kaya akan protein yang mencapai 1.8 hingga 2.0 persen. Selain itu, buah ini memiliki serat gula, vitamin A dan C, mineral zat besi, kalsium, sodium dan potasium.
Dilansir Badan Kesehatan Dunia (WHO), kandungan gula di dalam buah kurma berbeda dengan buah lainnya. Karena, gula di dalam kurma tak perlu dipecahkan oleh enzim sebelum menjadi glukosa.
Kandungan di dalamnya juga terbebas dari resiko penyakit jantung dan diabetes, lantaran terdapat zat besi dan kalsium di dalam buah kurma.(mcs)


6 Menu sahur yang bikin kuat saat berpuasa


6 Menu sahur yang bikin kuat saat berpuasa
Ilustrasi sup. Shutterstock/Gossip


 - Puasa ialah tidak makan dan minum selama satu hari penuh. Pastinya, saat berpuasa umat muslim harus kuat menahan lapar dan haus. Agar dalam berpuasa tetap merasa kenyang, mesti pintar memilih makanan saat sahur.

Berikut ini adalah menu sahur yang membuat Anda akan merasa kenyang sehingga tahan bisa tahan lapar dihimpun merdeka.com:

1. Apel

Apel adalah buah yang dipenuhi dengan serat dan air di dalamnya. Sehingga jika dikonsumsi saat sahur, akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Sup
Sup merupakan salah satu menu cocok disajikan saat sahur. Sebab, sup dipenuhi berbagai macam sayuran dan protein di dalamnya. Makan sup saat sahur bisa membuat perut terasa penuh.

3. Oatmeal

Oatmeal bisa jadikan makanan pengganti karbohidrat saat sahur. Oatmeal kaya serat dan juga mengenyangkan. Makan oatmeal juga dapat membantu jantung agar tetap sehat.


4. Telur

Telur adalah makanan yang kaya akan protein. Tingginya kandungan protein itu lah yang membuat orang merasa kenyang jika mengonsumsi saat sahur.

5. Air putih

Mengonsumi air putih yang banyak saat sahur dapat mencegah dehidrasi ketika berpuasa. Selain itu air putih baik untuk tubuh sebagai penambah energi.

6. Cokelat hitam

Cokelat hitam baik dimakan sebagai makanan penutup saat sahur. Sebab selain mampu membuat kenyang, makan cokelat hitam dapat mengurangi tekanan darah serta melindungi kesehatan jantung dan otak.(mcs).


Hilangkan racun akibat pestisida dalam tubuh dengan 7 cara ini

Hilangkan racun akibat pestisida dalam tubuh dengan 7 cara ini
Ilustrasi detoksifikasi. Shutterstock/verca

 - Pestisida merupakan zat kimia yang berguna untuk melindungi sayur, buah, atau tanaman pangan lainnya dari serangan hama. Karena mengandung racun untuk menangkal serangan hama, maka pestisida tentu saja menimbulkan bahaya kesehatan saat masuk ke dalam tubuh. Meski telah dicuci bersih, tak jarang pestisida masih menempel di bahan makanan dan mengendap dalam tubuh.

Kamu sendiri sering merasa khawatir akan hal tersebut? Well, jangan pusing. Sebab pestisida yang menumpuk dalam tubuh bisa dihilangkan dengan cara sehat berikut ini.
  • Makan apel bisa menjadi cara aman untuk mengeluarkan racun karena pestisida. Sebab apel mengandung pektin dan serat yang membantu dalam memperlancar pembuangan racun.
  • Minum banyak air putih tak diragukan lagi bisa menjadi cara terbaik untuk mengeluarkan semua racun dalam tubuh, termasuk racun pestisida.
  • Selain minum air putih, minumlah jus yang terbuat dari sayuran sebanyak mungkin. Karena jus ini mengandung senyawa penting yang sanggup membersihkan tubuhmu dari beragam racun.
  • Pijat ternyata menjadi cara yang baik untuk membersihkan tubuhmu dari racun. Sebab pijat akan merangsang sistem limfatik tubuh dan membantu dalam pengeluaran racun.
  • Keringat yang dikeluarkan tubuh juga bisa membantumu dalam mengeluarkan limbah dan racun dari dalam tubuh.
  • Teh hijau kaya akan zat antioksidan. Zat ini menjadi solusi yang baik untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
  • Kandungan bakteri probiotik yang ada di dalam usus mampu menjaga tubuhmu tetap sehat dan bisa membantu dalam mengeluarkan racun.
Ikutilah tips sehat di atas dan kamu tidak akan perlu khawatir dengan paparan atau sisa pestisida yang ada dalam tubuhmu.(mcs).

 KATA-KATA   BIJAK

 Janganlah kamu mencintai seseorang karena paras/wajahnya, hartanya dan jabatannya, tapi cintai karena kebaikan dan ketulusan hatinya karena diantara itu semua, hanya kebaikan dan ketulusan hatinya yang tetap abadi.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda